Minggu, 22 Agustus 2010

WASPADAI BAHAYA TRAFFICKING DI SEKITAR KITA

Tahukah Anda, trafficking tidak hanya muncul di saat kondisi di sebuah daerah aman tenteram. Namun, paska-bencana juga berpotensi terjadi trafficking. Ini terjadi di Aceh paska-tsunami.

Kita tahu, tsunami terjadi pada 26 Desember 2004.Ribuan orang meninggal. Banyak suami yang kehilangan istri, begitu pula sebaliknya. Anak-anak menjadi korban dan banyak yang kehilangan orangtua mereka.Warga yang selamat tinggal di tenda-tenda pengungsian. Kondisi itulah yang rawan terjadinya trafficking.

Berikut ini saya perlihatkan sebuah komik berjudul Waspadai Bahaya Trafficking di Sekitar Kita. Komik ini diterbitkan oleh Koalisi Perempuan Indonesia pada April 2005, yang bekerjasama dengan International Organization for Migration (IOM) dan From the People of Japan sebagai sosialisasi pemahaman trafficking paska tsunami Aceh.

Lalu apa maksud saya menampilkan komik ini? Bukankah tsunami Aceh sudah lama terjadi dan sudah tidak ada lagi tenda-tenda pengungsian? Betul! Namun, komik ini sekadar mengingatkan kita agar mewaspadai bahaya trafficking paska bencana, bukan cuma di Aceh, tetapi bisa dimana saja, di seluruh Indonesia yang rawan bencana ini.

Selamat membaca!





















1 komentar:

  1. Mbak Hughes, saya pernah menghadiri sesi edukasi tentang Human Trafficking yang Mbak bawakan, saat kegiatan workshop Indonesia Model United Nations. Dari sana saya tertarik untuk menginfokan tentang Human Trafficking ini via salah satu organisasi di kampus saya. Waktu itu Mbak membawa video mengenai Human Trafficking, sayangnya saya tidak sempat meng-copy nya. Tapi, gambar-gambar di blog Mbak kebetulan menarik dan saya rasa cukup untuk dipakai sebagai visualisasi. Saya mohon izin untuk menggunakan gambar-gambar di post ini ya, Mbak. Thanks!

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.