Kamis, 24 Juni 2010

PERPUSTAKAAN DENGAN KONSEP GALERY

Sahabat, apa yang terbayang oleh Anda perpustakaan? Aku yakin, selama ini gambaran Anda soal perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Cuma ada rak-rak buku, sunyi, sepi, dan ruangnya sangat konvensional.

Gambaran Anda tentang perpustakaan seperti itu sebenarnya wajar. Namun sebagai aktivitas yang berubungan dengan masalah pendidikan, aku bersama Dewi Hughes International Foundation (DHIF) tergerak hati untuk membuat konsep perpustakaan yang beda. Apa bedanya?



Perpusatakan dengan konsep galeri. Yap! Perpustakaan yang artistiknya mirip seperti kita berada dalam sebuah galeri. Barangkali kalau Anda pernah berkesempatan nonkrong di cafe-cafe, ada cafe yang sudah membuat konsep seperti ini. Namun, cafe-cafe itu mengedepankan food & baverage-nya sebagai menu utama. Sementara konsep yang dibuat DHIF benar-benar menu utamana adalah buku bacaan.

Nama perpusataan ini adalah Taman Bacaan Masyarakat @ Mall (TBM @ Mall). Lho kok ada kata-kata mall-nya? Yap! Itu konsep berikutnya, bahwa perpustakaan ini ada di mal, bukan seperti perpusataan kebanyakan yang berdiri sendiri.


Menteri Pendidikan Prof. M. Nuh saat meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM)@ Mall.

Selama ini mall hanya sebagai pusat kegiatan dan hiburan seperti exhibition, launching, dll. Orang hanya menjadikan mall sebagai tempat bertemu (meeting point)seperti arisan, rapat ,dll. Yang juga kita tahu, bahwa mall merupakan tempat ekspresi perilaku konsumtif, ketimbang perilaku produktif. Nah, DHIF mencoba menjadikan mall juga sebagai "gudang ilmu". Dimana di TBM, masyarakat bisa membaca buku-buku yang tersedia dengan sepuasnya tanpa dipunggut biaya.


Mendiknas dan anak-anak pengunjung TBM @ Mall

Selain membuat produktif mall, tujuan TBM @ Mall juga memberi fasilitas membaca dan balai belajar bersama bagi masyarakat umum; Memupuk minat baca sejak dini; dan menjadi pusat pemberdayaan masyarakat. Luar biasa bukan?

Di TBM sedikitnya terdapat 500 koleksi buku dengan berbagai tema, mulai dari buku keterampilan, kesehatan, informasi dan komunikasi, komik, novel, ilmu pengetahuan dan science, psikologi, hobby, buku anak, dan masih banyak lagi. Saat ini TBM @ Mall sudah ada di 5 tempat, lho. Selain di Plaza Semanggi dan Pejaten Village (Jakarta), TBM juga sudah ada di Eka Lokasari (Bogor), Istana Plaza dan BIP (Bandung), dan City of Tommorow (Surabaya). Doakan ya TBM ada di mal di kota Anda.

7 komentar:

  1. selamat sore, kak Kewi. perkenalkan ini saya dadang saya seorang mahasiswa di Universitas Airlangga. Saya, mnegikuti perkembangan terbaru tentang konsep perpustakaan (TBM@Mall) yang Kak Dewi tawarkan cukup menarik. oleh karena itu saya berminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal tersebut. sehingga melalui ini saya mohon informasi alamat kantor Kak Dewi yaitu DHIF untuk melalkukan melalui surat ataupun kunjungan. bilapun Kak Dewi ada alamat email, tolong saya di berikan informasi alamtnya.

    Demikian yang bisa saya sampaikan, atas perhatian Kak Dewi saya sampaikan terimakasih

    Salam

    Dadang Setiawan
    Email: dadang.setiaw4n@gmail.com
    alamat: Mojo 3 dalam no.21 Surabaya
    phone: 031-78216229

    BalasHapus
  2. Hallo Mas Dadang, terimakasih mail nya ya... saya bangga mahasiswa seperti Mas punya pemikiran yang jauh ke depan. Dengan senang hati saya mengundang Mas untuk datang ke TBM terdekat. ada beberapa mahasiswa juga yang menjadi volunteer di TBM. Alamatnya bisa dilihat detail di blog... Ditunggu ya...Terimakasih...
    Salam Hangat,
    Dewi Hughes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Selamat siang mbak apa kabar ?
      Mudah2an sehat dan sukses selalu :)
      sebelumnya mohon maaf mengganggu,
      saya Fatma mahasiswi IPB,
      Tanpa mengurangi rasa hormat saya ingin menyampaikan keinginan kami untuk mengundang mbak hughes sebagai pembicara pada kegiatan kami, kegiatan kampus yg akan kami selenggarakan yaitu IDEA. IDEA (IPB Dedication for Education) adalah event dedikasi pendidikan IPB yang pertama dan dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM IPB) melalui Kementrian Pendidikan dan Keilmuan yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia.
      Kegiatan tersebut akan di selenggarakan pada tanggal 4 mei 2014 dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional..
      Besar harapan kami akan kebersediaan mbak hughes untuk mengisi acara tersebut.
      Informasi dan konfirmasi dari mbak hughes sangat kami nantikan di email saya nining.nurfatma@gmail.com.
      Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih :)

      Hapus
  3. Halo, mbak Hughes..

    Senang dengan adanya TBM@Mall, semoga sedikit demi sedikit bisa mengubah hobbi pengunjung mall yang gemar shopping menjadi gemar reading :D

    Btw, nama saya Jimmy, dari Goodreads Indonesia, sebuah komunitas pembaca aktif (online dan offline). Komunitas kami punya jadwal siaran setiap bulan di RRI Pro 2. Dan untuk bulan September, tepatnya hari Minggu, 5 September 2010, kami akan siaran dengan topik "Taman Bacaan di Ruang Publik".

    Apakah mbak Hughes bisa memberikan kontak seseorang dari DHIF atau TBM@Mall yang bisa menjadi narasumber di siaran kami nanti?

    Terima kasih sebelumnya.

    Happy reading,
    Jimmy

    BalasHapus
  4. Halo mbak Hughes, saya Kartika (finalis Abang None Buku DKI Jakarta 2011). Ketika browsing ttg peningkatan minat baca masyarakat Jakarta, saya menemukan blog mbak.Saya sangat mengapresiasi TBM@Mall dan setuju dengan pengembangannya. Sbgai salah satu duta baca, semoga nanti kita bisa bekerja sama dengan mbak Hughes :)


    Regards,
    kartikanindyaputri@yahoo.com

    BalasHapus
  5. Hallo Mbak,

    Makasih atas perealisasian TBM@Mall.
    terutama yang di Semanggi, karena dikasih ijin buat klub kami (Britzone) untuk melakukan kegiatan disana.

    Oh iya, apakah TBM@Mall di Bandung Indah Plaza (BIP) itu dibawah mbak atau orang lain? soalnya ada berita bahwa manajemen BIP mau menghilangkan TBM nya untuk disewakan kembali menjadi ruangan komersil, soalnya sayang, klub teman saya (LEDS) yang selama ini numpang disana akan terpaksa mencari tempat lain untuk melakukan aktivitas.
    Padahal di Bandung untuk mencari tempat gratis itu susah juga. Atau kalau pintah ke TBM@Mall nya Mbak di Istana Plaza bisa enggak? Kegiatannya sih biasanya antara jam 4-6 sore tiap Sabtu...

    Terima Kasih sebelumnya :)
    Ridwan

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.