Selasa, 13 September 2011

BERKUNJUNG KE TAJ MAHAL: SATU DARI 7 KEAJAIBAN DUNIA

Uttar Pradesh adalah salah satu negara bagian India yang berpenduduk sangat padat. Berdasarkan sensus penduduk 2011, Uttar yang beribukota Lucknow ini sekitar 199.581.477. Uttar Pradesh bersebelahan dengan perbatasan dengan Nepal.

Sebelah utara Uttar Pradesh memiliki posisi yang sangat penting dalam kebudayaan India, karena sebagai tempat lahirnya Agama Hindu dan menjadi basis dari berkembangnya agama Hindu di India. Lokasi ini juga menjadi situs bersejarah untuk para peziarah Hindu yang jumlahnya mencapai 80% dari total popolasi penduduk India.
Negara bagian India ini juga menjadi pusat dari agama Budha, dimana terdapat beberapa stupa yang menjadi cikal bakal perkembangan agama Budha di India, Ada stupa Chaukhandi dan Dhamek.

Uttar Pradesh memikat banyak sekali turis, baik domestik maupun mancannegara. Berdasarkan data 2003, jumlah total turis mengunjungi India yang mencapai 71 juta orang. Dari jumlah tersebut, hampir 25 % turis mengunjungi Uttar Pradesh.
Kota Agra di Uttar Pradesh mempunyai tiga situs bersejarah dunia, yaitu Taj Mahal, Agra Fort, dan Fatehpur Sikri. Dalam kesempatan ini, saya dan rombongan berkesempatan mengunjungi Taj Mahal yang berjarak 200 KM dari kota Delhi.



Taj Mahal merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Bangunan ini berasitektur Islam, dimana bahan-bahannya terbuat dari batu marmer asli yang diukir indah dan dihiasi batu-batuan berharga. Menurut sejarah, bangunan megah ini dianggap sebagai lambang cinta yang mendalam seorang suami terhadap istrinya Mumtaz Mahal, yang meninggal di saat melahirkan anaknya yang ke 14. Sebelum meninggal dunia, Mumtaz Mahal berpesan agar dibangunkan sebuah makam (tamb) seindah taman surga yang ada di dalam mimpinya.

Taj Mahal dibangun dengan bantuan seorang arsitek berasal dari Persia bernama Ustadz Isa Khan Effendi. Bangunan ini diselesaikan dalam waktu 22 tahun dengan mempekerjakan 20.000 pekerja. Kabarnya keturunan para pekerja tersebut sekarang masih tinggal di sekitar Taj Mahal, di pemukiman yang disebut Taj Ganj. Biaya yang dihabiskan untuk pembangunan Taj Mahal mencapai Rs 700 juta.

Perkerjaan pembangunan Taj Mahal melibatkan perupa dari Baluchistan, Siria, Bokhara, Samakandda India selatan. Batu marmer didatangkan dari Makharana. Jade dan kristal didatangkan dari Cina. Lalu Turquise dari Tibet. Lapis lazuri dari Afganistan. Chrysolite dari Mesir. Agate dari Yaman. Saphir dari Sri Langka. Amathis dari Persia. Koral dari Arab. Malakait dari Rusia. Quartz dari Himalaya. Berlian dari Golconda. Kerang dari dan mutiara dari lautan Hindia. Total bangunan dari Marmer dan dihiasi 400 kg emas. Di bawah kubah yang indah ,terbaring jenazah Mumtaz Mahal.

Setelah selesai membangun Taj mahal, Syah Jahan bermaksud untuk membangun satu buah lagi bangunan yang sama yang akan diberi nama Black Taj Mahal. Namun baru sampai pada pembangunan fondasi. Gara-gara anak dari Syah Jahan yang memegang kekuasaan pemerintahan saat itu menangkap dan memenjara sang ayah, karena dianggap menghabiskan uang negara untuk kepentingan pribadi. Akhirnya Syah Jahan meninggal dunia dan dimakamkan di sebelah makam istrinya Muntaz Mahal di bawah kubah mewah bangunan berwarna putih, di tengah-tengah lokasi taj Mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.